Rabu, 23 Januari 2013

penyebab timbulnya penyakit batu ginjal


1. Diketahui memiliki riwayat penyakit sebelumnya seperti penyakit gout atau asam urat yang disebabkan oleh adanya jumlah yang meningkat pada kadar asam urat dalam urine sehingga mempermudah pembentukan batu-batu asam urat.
2. Hypercalciuria (kadar kalsium yang tinggi dalam urine) Dalam kondisi ini, disebabkan karena banyaknya kalsium yang diserap dari berbagai sumber makanan yang kemudian masuk ke dalam urine dan membentuk batu-batu kaslium fosfat atau kalsium oksalat.
3. Kondisi lainnya yang meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal termasuk hyperarathyroridism, penyakit-penyakit ginjal seperti renal tubular acidosis dan penyakit-penyakit kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi) juga berhubungan dengan peningkatan risiko mengembangkan batu-batu ginjal.
4. Seseorang yang memiliki penyakit peradangan usus besar atau yang pernah menjalani operasi ostomy memiliki kemungkinan dalam pembentukan batu ginjal.
5. Efek samping dari konsumsi obat-obatan kimia secara terus-menerus juga dapat meningkatan resiko pada batu ginjal. Jenis obat-obatam yang memiliki resiko pada batu ginjal seperti diuretics, antacid yang mengandung kalsium, dan protease inhibitor Crixivan (indinavir), obat yang digunakan untuk merawat infeksi HIV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar